Voucher deal Groupon saat ini sudah merambah ke aksi sosial. Sebuah aksi walau sedikit namun akan lebih berharga daripada banyak bicara tanpa ada tindakan. Salah satu website perdagangan sosial yang berkembang sangat pesat dalam 1 tahun terakhir, yang mengandalkan vouchel deal, yaitu Groupon, kini bekerjasama dengan beberapa lembaga sosial untuk menyimpan uang para anggotanya dan memanfaatkannya demi kegiatan-kegiatan sosial.
Groupon sendiri sebenarnya merupakan sebuah website yang menawarkan voucher deal berupa potongan harga sangat miring dengan batasan waktu tertentu dan disaring sesuai dengan kota yang akan Anda tuju. Namun di Amerika, ternyata Groupon juga menyediakan voucher deal untuk beramal ‘menyelamatkan dunia’ bekerjasama dengan Greenpeace (yayasan penyelamat lingkungan), buildOn (yayasan yang memfokuskan diri pada pendidikan), The Tibet Fund (yayasan untuk menyelamatkan anak muda Tibet), dan Rainforest Action Network (yayasan untuk menyelamatkan hutan hujan).
Karena bekerjasama dengan beberapa organisasi non komersil, maka voucher deal yang ditawarkan oleh Groupon pun berbeda dari biasanya. Jika Anda biasa membeli voucher deal untuk mendapatkan potongan harga di sebuah merchant atau untuk membeli produk tertentu, kali ini voucher deal tersebut berupa sumbangan yang dapat Anda donasikan untuk yayasan-yayasan yang Anda pilih.
Sebagai sebuah website perdagangan sosial, pembelian voucher deal sumbangan di Groupon pun harus memenuhi quota tertentu dalam waktu yang terbatas. Hal inilah yang disiasati oleh Groupon dan Greenpeace dengan membuat iklan di ajang Super Bowl lalu dengan aktor Cuba Gooding, Jr. sebagai pemerannya, untuk melakukan aksi dengan cara menyimpan uang untuk menyelamatkan ikan paus. Selain itu, Greenpeace pun menguatkan iklan tersebut dengan mengirimkan email yang menjelaskan isi iklan tersebut pada setiap membernya untuk mendukung Groupon dalam usaha penyelamatan ikan paus dari perdagangan liar.
Hasilnya, anggota Greenpeace serta masyarakat umum pun lebih tertarik untuk menyumbang di Groupon karena menganggap hal tersebut sebagai suatu usaha yang mulia, sehingga secara sukarela mereka melakukan kegiatan kolektif dengan cara membeli voucher deal sumbangan tersebut.
Di sinilah pentingnya sebuah tindakan dalam perdagangan sosial, karena hal tersebut akan membawa pengaruh pada yang lain untuk ikut membeli dibandingkan hanya beriklan tanpa ada tindakan. Bagaimana dengan Anda? Sudah mencoba menyumbangkan voucher deal aksi sosial ini?
Groupon sendiri sebenarnya merupakan sebuah website yang menawarkan voucher deal berupa potongan harga sangat miring dengan batasan waktu tertentu dan disaring sesuai dengan kota yang akan Anda tuju. Namun di Amerika, ternyata Groupon juga menyediakan voucher deal untuk beramal ‘menyelamatkan dunia’ bekerjasama dengan Greenpeace (yayasan penyelamat lingkungan), buildOn (yayasan yang memfokuskan diri pada pendidikan), The Tibet Fund (yayasan untuk menyelamatkan anak muda Tibet), dan Rainforest Action Network (yayasan untuk menyelamatkan hutan hujan).
Karena bekerjasama dengan beberapa organisasi non komersil, maka voucher deal yang ditawarkan oleh Groupon pun berbeda dari biasanya. Jika Anda biasa membeli voucher deal untuk mendapatkan potongan harga di sebuah merchant atau untuk membeli produk tertentu, kali ini voucher deal tersebut berupa sumbangan yang dapat Anda donasikan untuk yayasan-yayasan yang Anda pilih.
Sebagai sebuah website perdagangan sosial, pembelian voucher deal sumbangan di Groupon pun harus memenuhi quota tertentu dalam waktu yang terbatas. Hal inilah yang disiasati oleh Groupon dan Greenpeace dengan membuat iklan di ajang Super Bowl lalu dengan aktor Cuba Gooding, Jr. sebagai pemerannya, untuk melakukan aksi dengan cara menyimpan uang untuk menyelamatkan ikan paus. Selain itu, Greenpeace pun menguatkan iklan tersebut dengan mengirimkan email yang menjelaskan isi iklan tersebut pada setiap membernya untuk mendukung Groupon dalam usaha penyelamatan ikan paus dari perdagangan liar.
Hasilnya, anggota Greenpeace serta masyarakat umum pun lebih tertarik untuk menyumbang di Groupon karena menganggap hal tersebut sebagai suatu usaha yang mulia, sehingga secara sukarela mereka melakukan kegiatan kolektif dengan cara membeli voucher deal sumbangan tersebut.
Di sinilah pentingnya sebuah tindakan dalam perdagangan sosial, karena hal tersebut akan membawa pengaruh pada yang lain untuk ikut membeli dibandingkan hanya beriklan tanpa ada tindakan. Bagaimana dengan Anda? Sudah mencoba menyumbangkan voucher deal aksi sosial ini?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar